Minggu, 04 Maret 2012

Sang Putri,Pangeran Berkuda dan Dua kurcaci Sarung : Jogja dan Pertemuan Kembali

Lanjutan Cerpen Ini Klik


"Citttt" Suara rem berdecit diatas rel , pertanda kereta ini sudah sampai ditujuan akhirnya . Ya ! Jogja kota yg dengan berat kudatangi . Waktu masih menunjukkan pukul 05.30 , dengan berat aku beranjak keluar dari kereta menyambut udara pagi jogja yg dingin . "Huh " Ku hirup udara ini dan menghembuskanya , seakan melepaskan semua kenangan diotak . Menjauh dari kereta kulirik Hpku , Hp yg menemaniku dari dulu ini masih diam tak bersuara karna kunonaktifkan dari tadi malam."ah paling juga gak ada yg sms , nanti aja dirumah aktifinya" gumamku sambil berjalan keluar dari stasiun . Diluar stasiun suasana sudah mulai ramai , terdengar suara tukang becak bersahutan minta dinaikin . "Maaf pak , tidak usah" Hanya itu yg bisa aku ucapkan .Kubuka dompetku dan kuambil secarik kertas yg bertulis alamat yg harus kutuju "JL.PARANGTRITIS KM 24 KRETEK BANTUL 55772 YK " alamat yg harusnya gak asing karena semua keluargaku berasal dari sana . 
" Citttt " Bis dg jurusan Parangtritis sudah menungguku , Kutapakkan kakiku ditangga bis sedikit memandang kebelakang . Memandang semakin jauhnya aku dari bekasi , dan semakin jauhnya aku dari sang putri dan dua kurcaci lain .


Sampai dirumah , seperti biasa penyambutan basi basi dari seluruh isi rumah . Selesai ritual itu , aku beranjak ke kamar yg sudah disediakan , kamar yg nantinya akan jadi peraduanku disaat lelah melanda bukan sosok sahabat lagi karna disini semua dimulai dari awal lagi . Kukeluarkan hp dari saku , lalu kuaktifkan . "Nah benerkan , gak ada sms masuk " Ucapku dalam batin. "Tring Tring" Tiba tiba ada pemberitahuan masuk "10 pesan masuk dan 5 panggilan tidak terjawab" tertulis dengan jelas dilayar hp . "Hah siapa ini , tumben" Tanyaku . Kubuka satu persatu , dan ternyata itu dari jihni , Iya ! Jihni sang Putri nun jauh disana . Dia menanyakan posisiku dimana , kenapa waktu dia kerumah gak ada orang . Alamak .Harus ku balas apa ini ? Apakah harus jujur , atau kututupi semua ini dengan kebohongan ? Kuputuskan untuk jujur.


"Maaf tadi hp gak aktif , Sebelumnya aku minta maaf gak ngabarin ke kamu dulu . Tadi malem aku pulang kejogja dan sekarang udah sampe . Dan aku dijogja utk waktu yg gak bisa ditentuin , maaf ya"


"Tring Tring"
Tak lama suatu pesan balesan muncul .

" Apaah ? Kamu di Jogja ? Kenapa gak bilang ? Sampai kapan ? "


"Iya gak , aku disini nggak tau sampai kapan . Maaf ya , aku cuma nggak mau kamu makin sedih disana :-D"


Tak lama satu sms masuk lagi

"Kamu tu nggak tau perasaanku disini , aku makin sedih jadinya kalo gini ;-( "


"Iya maaf , senyum donk :-D"


Suara sms tak terdengar lagi , aku tau diujung sana dia marah . Yah tapi biarlah dia menenangkan diri dulu baru aku kirim sms lagi .




Tak berasa 2 minggu sudah aku dijogja , dan 2 minggu sudah sejak sms terakhir dari jihni . Dan hari ini kuliah pertamaku disebuah Universitas Negeri di Yogyakarta . Seperti pada umumnya , ritual pertama untuk mahasiswa baru adalah ospek .



Semua Mahasiswa/Mahasiswi baru diharuskan memakai caping , kaos kaki belang panjang sebelah , tas dari plastik dan sebuah karton bertulis didada . Entah karena terlalu cuek atau apa semua kulakukan tanpa sedikitpun protes seperti mahasiswa/mahasiswi yg lain . Tapi ada satu hal yg membuatku sedikit heran , senior menyuruh kita untuk menulis benda/sesuatu yg identik dg kita dan entah kenapa saat itu terlintas suatu kata atau tepatnya nama yg tak asing ditelinga . JZFB . Sedang apa meraka disana ? Bagaimana keadaanya ? Apa mereka sehat ? . "Huzz , Sadar" Seorang teman disamping menyadarkanku dari lamunan itu . Esoknya , disaat yg lain didadanya bertengger sebuah karton bertuliskan "BB" , "LAPTOP" , "IPHONE" , "BEHEL" , didadaku tertulis "JZFB" . "Hahaha" Suara tertawa segerombolan mahasiswa diujung koridor . Aku tau apa yg mereka tertawakan tapi aku tak mau ambil pusing itu . Yang penting ku jalani hidup ini sesuai apa mau dan tujuanku , toh hidup hidupku .


4thn kemudian ...


1 hari menjelang wisudaku , semua keluarga terlihat senang tak terkecuali aku . Sebuah impian besar sudah menunggu didepan mata tinggal bagaimana aku mengarahkannya . Tapi sudah 2thn aku kehilangan kontak dg ke 3 sahabatku , terutama sang Putri yg pernah kubuat sedih . Jadi kabar bahagia ini kusimpan sendiri tanpa ada sahabat atau teman dibekasi yg tau .


Berikut sedikit indahnya jogja yg aku ingin kalian bertiga merasakannya :


Gumuk Pasir Satu Satunya di Indonesia


Cantiknya Merapi


Parangtritis


Pantai Sundak


Sunset Seperti Ini
Suasana Pagi Seperti Ini


"Ahh , tapi apa mungkin kalian baca tulisan ini ? Kalaupun baca , apa kalian masih ingat aku ? " Gumamku sendiri .


Senin 6 Maret 2012 .


"Jun. . .Jun. . .Bangun" Suara emak menggedor pintu sambil teriak . "Oahem , Ono opo sih ? " Jawabku dengan bahasa jawa . "Iki lho ono surat "Balas emak dibalik pintu . "Iya , tunggu bentar " Jawabku bangun dari kasur .
"klek" Suara pintu kubuka . " Iki lho surate "Seru emak sambil menyerahkan surat dan berlalu kedapur . Kulihat nama yg tertera di sampul amplop






Zihni Soraya
Jl.xxxx Bekasi utara
5xxx


"Hah , beneran ini" ucapku sambil mengusap mata meyakinkan . "Iya bener ini dari jihni , bagaimana dia tau alamatku ? Ah sudahlah "Gumamku keheranan . Dengan semangat kubuka surat itu


Hey Jun,
Ini aku Zihni .Iya! sahabatmu dari kecil itu . Gimana kabarmu dijogja ? Baik kan? Gak usah basa basi ya , jadi gini Minggu depan basith pulang kebekasi , Funy juga katanya mau ke Bekasi . Kamu gimana ? Ikut ke sini ya ?
Sekian
Sang Putri dan dua kurcaci


"Hah apa mereka bertiga mau berkumpul di bekasi ? Bagaimanapun aku harus ikut" Ucapku dengan yakin.


13 Maret 2016


Kupijakkan kakiku dibekasi . "Fyuh , Udara disini masih sama . Udara dipinggiran perkotaan seperti dulu " Cakapku pada diri sendiri.Kulangkahkan kaki ini menyusuri cerita yg pernah tertulis disini . Kali ini tujuanku tak lain tak bukan adalah rumah pohon , yak ! Rumah pohon tempat bermain itu .

Dari kejauhan kulihat dua muda mudi bersarung sedang bercengkrama . "Ah , itu pasti Basith dan Funy . Mereka masih mesra saja walaupun 4 th gak ketemu" Batinku dalam hati . "Hai" Sapaku . "Ehm , bentar . Juni ya ? " Funy masih bingung . "Iya , masih inget kan ?" Jawabku . " Inget dong , kita kan sahabat dari kecil,muehehe " Jawab anak jerman yg sekarang udah rapi gak dekil lagi . "Jihni mana ?" tanyaku ragu "Ciye kangen zihny" mereka serempak . "Hai , jun" Suara dari belakang "Hah" Jawabku bingung sambil menoleh kebelakang . "Jihni" Seruku dg semangat . Dia masih sama seperti dulu , namun terlihat lebih dewasa .Dan terlihat lebih cantik dg paduan bajunya saat ini .


Dan pertemuan itu dipenuhi dg guyonan dari 4 orang sahabat yg terpisah jarak namun kini bersatu lagi untuk mengenang semua itu bersama . Bermain , Bercengkrama , Bertengkar seperti dulu tanpa ada problema seakan melupakan semua yg ada.






"SANG PUTRI PANGERAN BERKUDA DAN DUA KURCACI" Kami berempat serempak mengucap itu sambil memandang langit yg cerah .


SELESAI....


Sumber : http://www.facebook.com/jogya
                      http://www.facebook.com/ngayogyakarta

11 komentar:

  1. ah... juni makin keren aja cerpennya hahah
    tapi settingan waktunya kurang pas ya sama cerpen yang gue buat. :)

    eh iya gue di bekasi timur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah jihni jadi malu , muehehe

      emang sengaja gak disamain takut semakin kelihat kalau kita punya banyak kesamaan #eaaa

      Hapus
  2. romantis itu yg gw simpulin disini..

    keren keren dah.. tinggal gw yg harus nyelesain lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bang selesain , terus buat yg bang ujay dan ayu sbg permaisurinya . XD

      Hapus
  3. Hohoho, happy ending :D Semua sahabat ketemu lagi yihaaa~ dan di part ini aku gak dibully *ngakak*

    BalasHapus
  4. Ecieee selesaai. Waah gue belom baca ceritanya zihny nih.. Jadi penasaran :))

    Keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dibaca , keren lho buatan zihny :-)

      Hapus
  5. oh jadi ini itu cerpen berantai gitu ya??? ada yg versi atau karya ka juni basith jihni sama funy??
    keren, tapi kurang di deskripsiin ke 4 sahabat itu maksudnya nantinya pas lulus dari kuliah mereka sukses jadi apa gitu kak.
    kalo bisa di tunggu ye part selanjutnya ampe mereka semua married hehehe

    BalasHapus
  6. Hah sampe married ? Hhaha dipikir pikir dulu deh :-)

    BalasHapus

Berkomenlah dengan santai, tak usah kau terburu buru. I love you~