Rabu, 18 Juli 2012

Jangan CURI BUDAYA Kami?

Terlintaskah dibenak kalian, kalau dimasa depan nanti anak cucu kita mengenal "Wayang Kulit" misalnya merupakan budaya dari negara lain bukan indonesia?









Itu mungkin aja terjadi di masa depan.


Gue lahir dan besar di Jogja. udah 17 tahun ngerasain perkembangan wayang kulit dari masa ke masa.
Dulu pas umur 6-10 gue paling semangat kalo ada pertunjukan wayang kulit. Tapi sekarang, jangankan semangat yang ada gue bosen nontonnya. Gimana gak bosen, dari jaman SD-Sekarang ceritanya masih berkisar pada kisah Mahabarata & Ramayana. Terlalu monoton.


Gue punya saran sebenernya buat perwayangan indonesia, biar kelak gak ilang dan gak dicuri oleh bangsa lain (lagi).


1. Lebih beragamnya jalan cerita, nggak monoton tentang Mahabharata & Ramayana. Walaupun itu emang cikal bakalnya sih..


2. Pengaturan tata cahaya. Bakalan lebih keren dan gak bikin ngantuk kalo pertunjukan wayang dipadu dengan tata cahaya dan permainan lampu yang menawan #tsaah


Maybe..


3. Pengembangan karakter wayang. Nggak cuman karakter Pandawa+Kurawa aja. Mungkin kalo dikembangin ke karakter yg lebih akrab di masyarakat bakalan lebih menarik. Kaya karakter di film kartun, atau apalahsejalan dengan pengembangan cerita.


Gini Juga Bisa Sih~


4. Penggunaan proyektor sebagai seting latar. Biar gak cuma monoton cuma dua buah gunungan :)

Walaupun udah ada yang kaya gini, tapi masih jarang


kalo ada yang mau nambahin saran boleh ke komen box~



Akan tetapi terlalu Egois menurut gue kalau kita bilang "budaya kita selalu dicuri" ato "jangan curi budaya indonesia terus!". Gue mendadak teringat sebuah perumpamaan.



"Motor yang dikunci stang aja, masih bisa dicuri. Apalagi hati yang hanya diikat dengan sebuah perasaan"

emaap, salah. Bukan yang itu, tapi yang ini.


"Motor yang dikunci stang aja masih bisa dikunci. Apalagi motor yang sama sekali gak dikunci"


Intinya sih "Budaya yang dijaga dan dilestarikan pun, masih bisa dicuri atau lebih halusnya diklaim oleh orang lain. Apalagi budaya yang udah dilupain dan gak dilestarikan"

Ngomong ngomong soal budaya. Kemaren gue abis nglakuin riset (di***tube), dan gue nemuin keabsurd-an budaya di indonesia.


Yang pertama:


Tari Kecak. Iya tari tarian dari Kepulauan Bali ini menurut gue absurd. Kenapa? Coba kalian perhatiin backsound tarian ini. Pasti bunyinya "Cak..Cak...Cak...Cak".


Itu sebenarnya dari Madura ato Bali? Kalo dari Bali kan seharusnya "Bli..Bli...Bli...Bli"
Bukannya apa, gue takut nanti pas tarian dimulai tiba tiba muncul tukang sate pake baju garis garis. Nawarin sate ke penonton. Oke itu emang absurd.


Ada lagi. Debus. Ini menurut gue absurd. Sekelompok om om berumur yang mainan golok sambil ngiris tangan sama lidah. Ini apa apaan Щ(ºДºЩ)
Apa gunanya Tentara, ABRI, TNI , AD kalo ada om om ini. Pasang aja mereka dibarisan depan. Toh mereka kebal senjata #eh


Benerkan om om :(


Oke. Kembali ke masalah jaga & lestarikan budaya. Gimana mau lestari kalau remaja sekarang lebih kenal shuffle dari pada poco poco #eaa

Sekarang apa yang harus kita lakuin setelah baca postingan ini? Simpel...


JAGA-LESTARIKAN-HARUS TEGAS

"Inti dari postingan ini: terimakasih telah mengingatkan kami tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya untuk saat ini. Tapi untuk kedepannya Jangan pernah curi budaya kami lagi karna budaya itu bakal kami pertahankan dengan seluruh tumpah darah tak perduli kalian dari negara mana! Camkan"

11 komentar:

  1. Setuju bangett... budaya kita tidak untuk dicuri-curi... malu dong ah, lagian pecundang banget bisanya mencuri kebudayaan kita...

    BalasHapus
  2. cara termudah adalah dengan mencintai budaya yang ada di daerah kita masing2 tentunya..

    tapi kita juga saling menghormati budaya dari daerah tetangga.. dan tetap menjaga persatuan indonesia.. :)

    BalasHapus
  3. satu lagi antologi,ibarat pacar,kalo kitanya nggak perhatian ya besar kemungkinan pacar kita berpindah tangan~ #tsaaaah

    BalasHapus
  4. itu om om dari banten loh!! debus!!

    BalasHapus
  5. Wuogh... entahlah bagian keabsurdan itu ngga ngebikin Gue jadi ketawa... soalnya Tari Kecak itu spektakuler loh... Budaya keren dari Bali... :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, ngebomb materi gue :(
      gak jadi dibuat open mic u,u

      Hapus
  6. yang terakhir, liatnya ngeri.
    :s

    BalasHapus
  7. yang wayang superman itu gue ga setuju ah,,,
    kok budaya kita dicampur adukkan ama punya orang luar,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan cuma contoh inovasi :))
      digugel nemunya cuma itu.
      Btw makasih kritiknya :))

      Hapus
  8. untuk menjaga budaya kita selain melestarikan kita harus membuat inovasi agar budaya itu tidak terkesan kuno untuk para remaja. menurut gue sih begituuh :))

    BalasHapus

Berkomenlah dengan santai, tak usah kau terburu buru. I love you~